Home / Adsense / Kupas Tuntas Fitur Baru Iklan Matched Content Dari Google Adsense Beserta Cara Memasangnya Di Blog

Kupas Tuntas Fitur Baru Iklan Matched Content Dari Google Adsense Beserta Cara Memasangnya Di Blog

Kupas Tuntas Fitur Baru Iklan Matched Content dari Google Adsense Beserta Cara Memasangnya di Blog — Iklan Matched Content merupakan sebuah terobosan baru yang ditawarkan oleh Google Adsense kepada para penggunanya. Iklan Matched Content ini merupakan alat rekomendasi gratis yang menawarkan cara paling mudah untuk mempromosikan konten blog/situs Anda kepada pengunjung. Dengan alat bantu yang menawarkan lebih kaya konten yang relevan kepada pembaca, Anda akan mendapatkan bermacam keuntungan sedikit diantaranya merupakan meningkatkan tampilan laman situs, waktu yang dihabiskan di situs, loyalitas pembaca, tayangan iklan, dan pada akhirnya pendapatan iklan. Ini merupakan penterangan dari Kebijakan Google Adsense tentang Iklan Matched Content.

Pembaca akan mendapatkan rekomendasi Konten yang sesuai yang didasarkan pada kesamaan-kesamaan topik yang disediakan oleh situs. Dari information Google menunjukkan bahwa rekomendasi Konten yang sesuai terhadap pengunjung, secara rata-rata meningkatkan jumlah laman yang ditayangkan sebesar 9% dan waktu yang dihabiskan di situs sebesar 10%. Bagaimana? Cukup luar biasa bukan? Baca juga: Cara Memasang Adsense For Search di Blog

Dengan unit of measurement iklan Konten yang sesuai, Anda dapat memilih laman yang diinginkan untuk menampilkan rekomendasi iklan, kemudian AdSense akan mempromosikan artikel di situs Anda yang paling relevan bagi pembaca saat berada di laman tersebut. Disisi lain, Anda masih cukup menampilkan iklan di antara rekomendasi tenamun ini tergantung pada situs Anda. Dengan cara demikian ini, Anda dapat memonetisasi situs lebih kaya lagi.

Hal-Hal Penting Berkaitan dengan Iklan Matched Content

Berikut ini merupakan sedikit hal yang tak boleh Anda lupakan selagi berkecimpung dalam hal periklanan Google Adsense Matched Content. Hal-hal yang perlu diperhatikan merupakan:
  • Unit Konten yang pas menyaapabilan konten yang relevan kepada pengunjung situs. Hal inilah yang akan membantu meningkatkan tampilan laman dan waktu yang dihabiskan di situs Anda oleh pengunjung.
  • Pada situs yang layak, Anda dapat menanamkan unit of measurement Konten yang sesuai di laman mana pun.
  • Rekomendasi iklan ini bersifat internal, misalnya saja, apabila Anda terdapat dua buah situs i.e. areatips.net dan bosinformasi.web.id, rekomendasi yang Google berikan terhadap situs akan bersifat internal bagi situs tersebut. Perhatikan bahwa Google hanya akan menciptakan rekomendasi iklan yang relevan dari laman yang memang sudah terdapat iklan Google.
  • Unit iklan tersebut berfungsi pada ponsel, tablet, dan juga desktop.
  • Untuk situs yang sebagian besar postingannya tak terdapat gambar, unit of measurement Konten yang sesuai hanya akan dimunculkan dalam format teks saja.
  • Perhatikan, Iklan matched content hanya untuk situs yang dimonetisasi dengan baik.
  • Kebijakan programme AdSense selalu berlaku pada laman yang terdapat unit of measurement Iklan Matched Content.
  • Unit iklan tersebut tak layak digunakan dalam eksperimen.
Beberapa hal diatas harus Anda pahami betul sebelum terjun kedalam iklan matched content agar nantinya. Iklan matched content benar-benar dapat diintegrasikan dengan baik. Nah apa tahap selanjutnya yang dapat Anda lakukan agar tahu apakah layak atau tak situs berpartisipasi disini? Oke kita bahas cara melihat kelayakan situsnya terlebih dahulu.


Cara Mengecek Kelayakan Situs Berpartisipasi dalam Iklan Matched Content

Jika Anda ingin berpartisipasi dalam programme ini, syarat utamnya merupakan situs Anda harus memenuhi persyaratan minimum dalam hal volume/jumlah trafik dan jumlah laman unik. Untuk mengetahui apakah situs layak ikut dalam programme iklan Matched content atau tak ialah dengan cek bagian “Situs admin” di akun AdSense Anda masing-masing. Baca juga: Apa sih Adsense Bug?

Berikut merupakan cara untuk cek kelayakan situs Anda:
  1. Masuk ke akun AdSense.
  2. Pada navigasi sebelah kiri, klik Setelan.
  3. Klik “Situs admin“.
  4. Di bawah tab “Situs admin“, klik “Konten yang sesuai“.
  5. Di kolom “Situs“, cek apakah situs Anda tertera atau tak:
    • Apabila situs tertera disana, Anda langsung dapat menempatkan unit of measurement iklan Matched Content di setiap laman situs Anda.
    • Jika situs tak tertera disana, maka condition situs Anda masih belum layak untuk ikut dalam programme iklan matched content.

Sedikit catatan saja, apabila Anda terdapat sedikit situs yang sudah di verifikasi di Adsense kemudian setaknya salah satu diantaranya sudah layak dalam programme ini maka Anda akan dapat melihat opsi untuk menciptakan unit of measurement iklan matched content pada tab “Iklan admin” di akun Adsense Anda. Yang paling penting dan perlu disadari bahwa Google selalu mengupdate information situs Anda secara berkala. Sesampai kemudian, apabila situs sudah terdapat jumlah pengunjung unik dan artikel yang berkualitas Google akan mengijinkannya berpartisipasi dalam programme Iklan Matched Content ini. Ini contoh kelayakan situs admin.
Kupas Tuntas Fitur Baru Iklan Matched Content dari Google Adsense Beserta Cara Memasangnya Kupas Tuntas Fitur Baru Iklan Matched Content dari Google Adsense Beserta Cara Memasangnya di Blog
Anda sudah siap untuk menciptakan unit of measurement iklan matched content yang pertama? Ayo kita buat dengan pelan-pelan agar iklan yang dibuat dapat maksimal.

Cara Memasang Unit Iklan Matched Content di Blog

Unit Iklan Matched Content merupakan sebuah layanan gratis (free service) dari Google yang membantu Anda mempromosikan konten yang relevan dari situs Anda kepada pengunjung. Layanan ini sangat membantu untuk meningkatkan tampilan jumlah laman dan waktu yang dihabiskan oleh pembaca di situs Anda. Adapun cara untuk memasang kode iklannya merupakan sebagai berikut ini.
  • Sign inwards Adsense masing-masing
  • Lihat panel sebelah kiri, pilih “Iklan Saya” ⇒ “Unit Iklan Baru“. Tahap ini masih sama dengan metode pembuatan iklan adsense pada umumnya.
Kupas Tuntas Fitur Baru Iklan Matched Content dari Google Adsense Beserta Cara Memasangnya Kupas Tuntas Fitur Baru Iklan Matched Content dari Google Adsense Beserta Cara Memasangnya di Blog

  • Nah disini akan muncul tab baru yang cukup berbeda dengan dahulu. Sebagaimana apa? Inilah tampilannya…
Kupas Tuntas Fitur Baru Iklan Matched Content dari Google Adsense Beserta Cara Memasangnya Kupas Tuntas Fitur Baru Iklan Matched Content dari Google Adsense Beserta Cara Memasangnya di Blog
  • Pada tahap sesuai gambar pilihlah Matched Content dengan klik Select.
  • Jika sudah, ikuti tahap berikutnya sesuai dengan gambar.
Kupas Tuntas Fitur Baru Iklan Matched Content dari Google Adsense Beserta Cara Memasangnya Kupas Tuntas Fitur Baru Iklan Matched Content dari Google Adsense Beserta Cara Memasangnya di Blog

Catatan:

  1. Pada bagian nomor 1 merupakan tempat situs yang dinilai kelayakannya. Jika ada sedikit situs yang layak gunakanlah tombol anak panah kecil sebelah kanan untuk memilih situs mana yang akan Anda buat unit of measurement iklannya.
  2. Nomor two isikan dengan nama dari iklan matched content yang Anda buat.
  3. Nomor three pilihlah model atau gaya iklan yang Anda buat. 
  4. Nomor iv pilihlah ukuran iklan yang pas untuk situs Anda.
    • Saran saja, gunakanlah jenis iklan responsif. Jenis ini akan menyesuaikan sendiri terhadap lebar penampung dan ukuran layar (misalnya, di seluler, desktop, tablet, dsb.). Untuk melihat perubahan dari jenis iklan ini Anda dapat melihatnya di expanse pratinjau.
    • Jika memakai ukuran khusus, saran saja agar Anda memilih ukuran iklan dengan rasio lebar:tinggi sekitar 2:1 untuk tata letak horizontal, atau 1:2 untuk tata letak vertikal. Jangan menggunakan ukuran iklan spanduk tradisional, yaitu ukuran 728×90. Catatan penting disini bahwa tinggi atau lebar ukuran khusus iklan Anda tak boleh melebihi 1.200 piksel dan hanya boleh ada satu dimensi yang lebih dari 600 piksel.
  5. Nomor v digunakan apabila unit of measurement iklan yang dibuat sudah sesuai. “SAVE too GET CODE” untuk menyimpan dan mendapatkan kode iklannya. Jika sudah disimpan saatnya Anda mengambil kode iklan seperti pada gambar.
Kupas Tuntas Fitur Baru Iklan Matched Content dari Google Adsense Beserta Cara Memasangnya Kupas Tuntas Fitur Baru Iklan Matched Content dari Google Adsense Beserta Cara Memasangnya di Blog

  • Sesuai pada gambar, silahkan Anda klik “Copy Code Snippet” untuk mengintegrasikan ke situs Anda.
  • Perhatikan pada kotak sebelah kanannya, Anda harus memasangnya di antara <body>…</body>. Biar lebih maksimal, letakkanlah kode iklan tersebut tepat di akhir artikel, dan di atas atau di bawah unit of measurement iklan.
  • Jika memasang kode iklan ini langsung di template Anda, jangan lupa parse terlebih dahulu.
  • Jika di tatak letak blog, cukup pasang widget HTML dan letakkan sesuai dengan keinginan. Biar maksimal ada dibilah sisi/sidebar.
Demikianlah kupas tuntas cara memasang iklan matched content di blog. Semoga bermanfaat. Bagi yang masih belum punya hari ini. Perbaikilah situs Anda, jangan bermengganti-mengganti template selama three sampai dengan vi bulan. Perkayalah artikel unik Anda dan perbaikilah kualitas artikel Anda selama waktu itu. Masalah pengunjung ada atau tak, logikanya apabila algoritma artikel Anda tergolong berkualitas dengan sendirinya pengunjung akan datang. Semua navigasi situs Anda haruslah komplit dan rapi. Silahkan mencoba. Baca juga: Cara Memasang Kode Iklan Adsense di Tengah Artikel

Baca Juga:   Cara Memasang Script Iklan Google Adsense Berada Di Tengah Artikel/Postingan

About adminkoepas

Check Also

Admob Keluarkan Fitur Firebase Bagi Pengguna

Admob Keluarkan Fitur Firebase bagi Pengguna — Bulan lalu admob telah merilis fitur baru bagi …