Home / iOS / Cara Menonaktifkan Autocorrect Di Ios (Iphone Dan Ipad)

Cara Menonaktifkan Autocorrect Di Ios (Iphone Dan Ipad)

Cara Menonaktifkan Autocorrect di iOS — Oh, autocorrect! Terkadang Anda sangat bingung. Anda melihat kata “Brain” dan Anda inginnya menulis kata “Brian.” Anda langsung mengmengganti huruf dan mengubah hal aneh tersebut dengan kata-kata yang benar. Inilah yang disebut dengan Auto-Correction.

 Anda langsung mengmengganti huruf dan mengubah hal aneh tersebut dengan kata Cara Menonaktifkan Autocorrect di iOS (iPhone dan iPad)

Contoh lain dari adanya Auto-correction ini misalnya merupakan Anda ingin menulis kata “Missy” menjadi “Mossy,” atau “so” menjadi “do,” atau “well” menjadi “we’ll”? Apakah Anda tahu mengapa ini terjadi? Sebagian besar kesalahan autocorrect itu lucu, seperti Mad Lib digital. Tapi terkadang kita mengirim pesan tanpa menyadari betapa memalukannya pesan-pesan tersebut gara-gara ulah autocorrect.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi autocorrect yang selalu mengganggu dalam menulis perpesanan. Kini Di perangkat iOS Anda sudah ada cara menonaktifkan fitur Autocorrect agar tulisan pesan Anda benar-benar tak memalukan. Lagi pula, iPhone dan iPad Anda mencoba untuk belajar dari Anda. Ada sedikit taktik yang dapat Anda gunakan untuk mencegah kesalahpahaman tersebut dan semoga saja trik berikut ini dapat membantu Anda.

Cara Menonaktifkan Fitur Autocorrect di iOS

Berikut merupakan cara-cara yang dapat Anda ambil untuk menonaktifkan autocorrect agar pesan yang Anda tulis menjadi benar dan tak memalukan saat dikirim kepada penerima pesan.

Matikan Autocorrect

Ya, Anda dapat memenonaktifkannya. Autocorrect cukup tampak seperti fixture permanen, namun sebenarnya Anda dapat menonaktifkannya kapan pun Anda ingin. Tidak ada lagi dugaan yang buruk. Tidak ada lagi miskomunikasi yang aneh. Anda cukup mengetikkan apa yang Anda maksud, kata demi kata dan apabila ada yang salah eja, rubah saja sesuka Anda. Cukup ketuk Settings >> General >> Keyboard, lalu menonaktifkan Auto-Correction ke Off. Ikuti langkah yang sama untuk mengaktifkannya kembali apabila Anda memerlukannya lagi.

Setel Ulang Kamus Keyboard Anda

Jauh di dalam telepon Anda, ada kamus mungil, database verbal yang menentukan apakah kata-kata Anda dieja dengan benar atau tak. Semua yang Anda ketik dicek ulang oleh daftar ini. Tapi semakin Anda menggunakan telepon Anda secara berlebihan, maka Anda semakin cukup secara tak sengaja menyimpan kata-kata yang tak benar ke kamus. Seiring berjalannya waktu, kesalahan ejaan ini dapat bertambah, yang berarti semakin kaya pula kejengkelan Anda nantinya saat menulis pesan.

Untungnya, Anda sebenarnya dapat “reboot” kamus keyboard Anda. Cukup masuk ke Settings >> General >> Reset, lalu Reset Keyboard Dictionary. Setelah Anda melakukan ini, kamus Anda menjadi papan tulis bersih, sama seperti saat Anda membeli telepon Anda. Sekarang Anda dapat memulai untuk mengecek autocorrect untuk menanggapi preferensi Anda, dan semua kata yang salah eja akan secara ajaib telah dihapus.

Benai Autocorrect Sedapat Anda Sendiri

Bila Anda salah mengeja kata di iOS, autocorrect biasanya akan masuk dengan ejaan yang benar. Hal ini juga dapat mengisi kata-kata yang dikenali sebelum Anda benar-benar mengetiknya. Tekan saja spasi atau ketuk jari Anda pada kata untuk menerima saran autocorrect.

Tapi ini juga dapat menciptakan Anda frustrasi. Anda cukup pernah melakukan ini seribu kali: iOS menebak kata yang salah berulang-ulang. Pada saat Anda mengetik kata “marginal”, iOS sudah dapat menebak “My,” “Maybe,” “Man,” “Mary,” “Maria,” “Math,” “Marge,” “Margi,” “Margo,” “Margin,” “Margins,” “Marginally” dan “Marginalized.” Jika Anda memilih salah satu tebakan ini secara tak sengaja, Anda harus menghapus huruf tersebut dan kembali ke kata sebelumnya.

Sementara itu, iOS cukup mengira itu menebak dengan benar, terutama apabila Anda secara tak sengaja menekan spasi. Hal ini akan menyebabkan autocorrect belajar dari kesalahan yang Anda lakukan yang dapat menyebabkan masalah di kemudian hari.

Untuk mengatasi hal ini, mulailah mengetik kata-kata Anda, dan saat autocorrect memberikan saran kata yang salah segera ketuk X dalam kotak autocorrect dan akhirnya pembenahan ini kan merubah sarannya. Ini memang akan memperlambat Anda pada awalnya, namun iOS akan mempelajari preferensi Anda dengan sangat cepat dan akan berhenti menyarankannya di kemudian hari.

Mengmengganti teks

Jika Anda merasa ambisius, Anda dapat memrogram telepon Anda untuk mengmengganti satu frase dengan kata lain. Cara pintas ini dapat sangat berguna dan menghemat kaya waktu dalam mengetik.

Contohnya merupakan saat Anda ingin mengatakan, “On My Way” namun Anda mengetikkan “OMW.” Dengan satu trik kecil, telepon Anda dapat secara otomatis mengubah “OMW” menjadi “On My Way.” Atau Anda dapat mengubah “BRB” menjadi “Be Right Back“, atau “1234” menjadi “Four Score too Seven Years Ago.“. Jadi Anda dapat mengmengganti teks sesuai dengan apa yang Anda rasakan.

Oleh sebab itu, Masuk ke Settings >> General >> Keyboard >> Text Replacement >> Ketuk tanda +. Di sini, Anda menambahkan kalimat kompleks ke kolom Frasa – contohnya merupakan, “On My Way.” Di bidang Shortcut, Anda tuliskan “OMW.”

Tapi ada efek lain apabila Anda memsupayakan bidang Shortcut kosong, autocorrect akan berhenti mencoba memperbaiki ejaan kata atau frase tersebut. Mulai sekarang, Anda dapat mengetikkan kata itu dan secara teoritis autocorrect akan mengabaikannya.

Matikan Prediksi Teks

Saat Anda mengetik, Anda akan melihat kata-kata yang muncul di antara keyboard dan teks. Fitur ini disebut “predictive text“, sebab ponsel Anda mencoba menebak kata berikutnya yang ingin Anda ketik. Karena telepon Anda belajar dari kosa kata Anda, teks prediktif harus menjadi lebih akurat seiring berjalannya waktu.

Tapi sebaliknya juga benar, apabila Anda menciptakan kesalahan, teks prediktif mulai menebak kata yang salah, sebab Anda menggunakan information yang salah untuk menmenggantisipasi pilihan kata yang Anda masukkan.

Satu hal yang menyenangkan tentang teks prediktif merupakan Anda dapat dengan mudah beralih saat mengetik untuk menyalakan dan memenonaktifkannya. Bebeginilah caranya, buka aplikasi Messenger, tekan dan tahan tombol keyboard (di mana Anda mengaktifkan emulator Anda) dan toggle on (atau off) pada opsi “Prediktive“. Sebagai alternatif, di iOS 10, masuk ke Settings >> General >> Keyboard >> lalu menonaktifkan opsi “Prediktive” ke Off.

Nah demikianlah Cara Menonaktifkan Autocorrect di iOS. Semoga dengan cara ini maka teks yang Anda tulis tak lagi salah dan memalukan. Semoga bermanfaat.
Baca Juga:   Cara Mengaktifkan Dan Menonaktifkan Notice My Iphone Di Ios 10.3 Dan Ios Berikutnya

About adminkoepas

Check Also

10 Aplikasi Foto Terbaik Di Ios

10 Aplikasi Foto Terbaik di iOS — Musim panas sekarang ada di sini dan Anda semoga …