Home / Android / Cara Gampang Menggunakan Trend Picture-In-Picture Di Android 8.0 Oreo

Cara Gampang Menggunakan Trend Picture-In-Picture Di Android 8.0 Oreo

Cara Mudah Menggunakan Mode Picture-in-Picture di Android 8.0 Oreo — Google merilis Android 8.0 Oreo yang merupakan versi terbaru Android yang sudah hadir di bulan Agustus tahun ini. Yah, itu bukan sesuatu yang revolusioner dan tak datang dengan perombakan desain utama. Namun, itu datang dengan kaya penyempurnaan yang pada akhirnya membantu meningkatkan pengalaman pengguna sehari-hari. Beberapa fitur penting yang menyertainya merupakan Picture-in-Picture (PiP) Mode, Notification Dots, Smart Text Selection, Notification Snoozing as well as Autofill Framework.

 Oreo yang merupakan versi terbaru Android yang sudah hadir di bulan Agustus tahun ini Cara Gampang Menggunakan Mode Picture-in-Picture di Android 8.0 Oreo

Dari semua fitur tersebut, Picture-in-Picture Mode merupakan agency yang sangat disukai kaya orang. Itu sebab dibutuhkan multi tasking di Android ke marking yang baru. Dengan Android 7.0 Nougat, Google menghadirkan fitur multi-window yang mecukupkan pengguna membuka dua aplikasi dalam agency layar terpisah. Dengan Mode PiP di Android Oreo, multi-tasking selangkah lebih maju. Baca juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android.

Jika Anda menonton video YouTube di smartphone melalui aplikasinya, Anda harus sadar bahwa menekan tombol kembali membawa Anda ke layar sebelumnya sambil juga memutar video di jendela apung. Ini sama dengan Mode PiP di Android Oreo, satu-satunya perbedaan merupakan sebab Google sekarang telah menerapkannya di tingkat OS sekarang tanpa menciptakannya tetap terbatas pada aplikasi YouTube. Terdengar keren? Mau mencobanya? Nah, admin akan menunjukkan cara menggunakan Picture-in-Picture Mode di Android Oreo.

Bebeginilah Cara Menggunakan Mode Picture-in-Picture di Android 8.0 Oreo

Sebelum admin menunjukkan cara menggunakan Picture-in-Picture Mode di Android Oreo, admin beri tahu bahwa tak semua aplikasi terdapat dukungan untuk fitur ini. Ini harus diaktifkan oleh pengembang aplikasi. Selain itu, pada saat penulisan ini, tak kaya aplikasi yang tersedia yang mendukung Mode PiP. Aplikasi yang mendukung Mode PiP merupakan Google Chrome, Google Duo, Google Play Film & TV, Layanan Google Play, Google Maps, WhatsApp, YouTube, dan VLC.

Berbicara tentang YouTube, Anda akan dapat menggunakan Mode PiP pada aplikasi ini di Android Oreo hanya apabila Anda terdapat berlangganan YouTube Red. Selain itu, YouTube Red tak tersedia di sedikit negara (seperti Indonesia), maka hari ini admin akan menunjukkan cara menggunakan agency gambar dalam gambar atau agency painting exhibit inward painting exhibit di Android Oreo dengan memutar video YouTube di Google Chrome. Untuk menggunakan Mode PiP di aplikasi lain, Anda dapat menekan tombol kembali atau tombol beranda, bergantung pada aplikasi mana itu yang Anda gunakan.

Langkah 1: Buka Google Chrome dan buka YouTube dalam agency Desktop. Kemudian putar video apa saja. Setelah video mulai diputar, masuki agency layar penuh dengan mengetuk ikon layar penuh.

Langkah 2: Setelah memasuki agency layar penuh, gesek ke atas dari bawah untuk melihat tombol navigasi dan kemudian ketuk tombol beranda. Begitu Anda melakukannya, Anda akan keluar dari agency layar penuh dan video akan diubah ukurannya menjadi jendela kecil berbentuk persegi empat. Nah, itu saja. Begitulah cara Anda menggunakan agency picture-in-picture di Android Oreo.

Jendela kecil mengambang yang memutar video YouTube akan muncul di bagian bawah layar, namun Anda dapat memindahkannya ke manapun di layar yang Anda inginkan. Tarik saja ke manapun Anda inginkan di layar.

Anda sekarang dapat membuka aplikasi lain saat juga dapat menonton video YouTube tersebut. Dalam kasus lain, Anda dapat membuka aplikasi Whatsapp bersamaan dengan membuka aplikasi Youtube Red.

Untuk menghentikan pemutaran video, cukup sentuh jendela apung lalu ketuk ikon Jeda. Untuk menutupnya, Anda dapat menekan ikon ‘X’ yang muncul di pojok kiri atas jendela apung. Untuk kembali ke agency layar penuh, cukup ketuk ikon layar penuh. Setelah berada dalam agency layar penuh, Anda dapat menekan tombol kembali untuk kembali ke YouTube. Anda juga dapat menyeret jendela mengambang ke bagian bawah layar untuk menolaknya.

Jika Anda tak dapat menggunakan agency picture-in-picture di Android Oreo untuk aplikasi yang admin sebutkan sebelumnya di artikel ini, pastikan agency Picture-in-Picture diaktifkan untuk aplikasi ini dengan menuju ke Settings > Apps & Notifications> Tingkat lanjut> Akses aplikasi khusus> Menu picture-in-picture dan aktifkan toggle untuk aplikasi masing-masing dengan mengklik nama aplikasi.

Mode Picture-in-Picture di Android Oreo merupakan fitur yang bagus. Pengguna super cerdas akan menyukainya sebab mereka tak hanya dapat membuka dua aplikasi dalam agency layar terpisah, namun juga dapat menonton video atau mendapatkan petunjuk arah dari Google Maps menggunakan Picture-in-Picture Mode.

Demikianlah penterangan seputar cara menggunakan agency picture-in-picture di Android 8.0 Oreo. Semoga saja Anda dapat menggunakan fitur ini saat Android Oreo sudah ditangan Anda. Pasalnya untuk Android Marshmallow dan Nougat masih belum dapat menggunakan agency PiP ini. Baca juga: Cara Mengembalikan File Penting yang Terhapus di Android.

Baca Juga:   Cara Menggunakan Mode Kamera Hyperlapse pada Samsung Galaxy S9 Dan S9 Plus

About adminkoepas

Check Also

Cara Menghubungkan Google Pixel 2 Ke Komputer PC

Setelah Anda mendapatkan Google Pixel 2 yang baru, Anda perlu terhubung ke komputer PC untuk …