Home / Learning / Belajar Grammer – Acquaint Perfect Tenses

Belajar Grammer – Acquaint Perfect Tenses

— Selamat pagi anda dumai dimanapun berada. Mari pagi ini kita panjatkan puji syukur atas nikmat dan hidayah dari Allah SWT. Karena dengan semua kelebihan nikmat yang tiada tara ini, mimin SEO Anyaran dapat menyapa sobat semua kembali dengan keadaan sehat wal’afiat. Amin. Pagi ini mimin akan menyambung materi mimin untuk siswa-siswi mimin di MTsN Kandat Kediri khususnya untuk yang mengikuti English Program for MTsN Kandat 2019/2019. Menyambung pada artikel mimin sebelumnya, kali ini mimin akan menerangkan tentang Belajar Grammar yang kedua yakni tentang Present Perfect Tense. Yuk mulai belajar dengan mimin…


Present Perfect Tense merupakan tenses yang terdiri dari present tense dan perfect tense. Tipe tenses ini digunakan untuk menggambarkan aktivitas dimasa lampau namun dampaknya masih sangat terasa sampai kemudian sekarang. Tenses ini dapat pula diartikan sebagai bentuk perubahan kata kerja yang dipakai untuk menyatakan sebuah tindakan dimasa lalu dan berlanjut sampai kemudian sekarang atau telah berhenti pada waktu tertentu dimasa lalu namun effectnya masih sampai sekarang.

Rumus Present Perfect Tense

Present Perfect Tense terbentuk dari auxilary verb ‘have’ dan ‘has’, dan past participle/verb-3 (kata kerja bentuk lampau ke-3). Yang perlu dipahami merupakan penggunaan auxiliary verb untuk tunggal dan jamak. Kenapa? Karena ada perbedaannya. Apa sih perbedaanya? Mari belajar dengan mimin. Perhatikan iii hal dibawah ini ya..

1. Penggunaan Auxiliary Verb “Have”

Auxiliary verb “Have” dipakai untuk bentuk tunggal: Jika subyek yang dipakai dalam menciptakan kalimat merupakan tunggal/jamak (pertama tunggal/ketiga jamak) seperti halnya I, you, they we i.e I have eaten unopen to noodles, you have gone to Surabaya, or we have eaten unopen to vegetables.

2. Penggunaan Auxiliary Verb “Has”

Auxiliary verb “Has” dipakai untuk menciptakan kalimat apabila subyeknya berupa orang ketiga tunggal / tertiary someone singular i.e he, she, too it. Contoh: He has read the majority too she has left. 

3. Past Participle Verb III

Dalam hal ini kata kerja bentuk tiga terbagi menjadi 2, yaitu regular dan irregular verb. Contohnya:
  • Regular verb: walk = walked; talk = talked
  • Irregular verb: teach out = left; speak = spoken
Nah kalau sudah paham dengan ketiga hal diatas saatnya belajar formulanya. Lihat bawah ini ya…


Formula Present Perfect Tense

Berikut ini merupakan rumus / formula introduce perfect tense yang digunakan untuk menciptakan kalimat positif, negatif dan interogatif.


1. Kalimat Positif

Rumus: S + aux. verb(have/has) + V-3/past participle

Contoh : He has gone to Malang


2. Kalimat Negatif

Rumus: S + aux. verb(have/has) + non + V-3/past participle

Contoh: He has non gone to Malang


3. Kalimat Interogatif

Rumus: aux. verb(have/has) + due south + V-3/past participle+ ?

Contoh: Has he gone to Malang?


Fungsi dan Contoh Kalimat Present Perfect Tense

Setelah belajar seputar tentang pengertian dan formula untuk present perfect tense maka kali ini kita akan belajar seputar fungsi dan contoh kalimat introduce perfect tense.
  1. Untuk menyatakan kejadian di masa lalu tanpa perduli kapan tepatnya terjadi i.e I accept left.
  2. Untuk menyatakan kegiatan yang terjadi berulang kali di waktu yang lampau i.e I accept called you lot twice.
  3. Untuk menyatakan tindakan yang dimulai pada waktu yang lampau namun masih sampai sekarang dilakukan i.e He has lived inward Caracas since March too My sis has worked upward to now
  4. Untuk menyatakan tindakan atau lawsuit yang baru saja terjadi i.e She has only sent you lot a message or The pelting only stopped
Sebelum berpisah, ada yang ingin belajar exam tentang introduce perfect tenses dahulu, ikut testnya dibawah ini ya…

Gimana sob,mudah bukan..?? Makanya terus ikut dengan mimin saja… Jangan yang lain !!! Hehe. Begitulah yang dapat admin sampaikan seputar belajar tenses – introduce perfect tense. Sobat juga dapat belajar tentang Present Continuous tense dengan klik link berikut ini. [Klik disini]. Sampai jumpa lain kali ya sob… Chou !!!

Baca Juga:   Validity Information For Question Instruments On Qualitative Research

About adminkoepas

Check Also

Cara Mengajar Appointment As Well As Fourth Dimension Dalam Bahasa Inggris

— Selamat siang anda dimanapun berada bertemu kembali dengan mimin SEO Anyaran. Siang ini mimin …