Home / Kinds of Education / Begini Contoh Kalimat Aktif Transitif Dan Intransitif

Begini Contoh Kalimat Aktif Transitif Dan Intransitif

Contoh Kalimat Aktif Transitif dan Intransitif — Jika Anda masih ingat pelajaran SD, SMP dan SMA tentu masih terang betul apa itu kalimat? Ya benar sekali, Kalimat merupakan susunan kata yang paling sedikit terdapat susunan Subject dan Predikat. Jika dilihat dari jenisnya, kalimat terdapat kaya macamnya, diantaranya ada kalimat simpel dan kalimat majemuk. Kalimat majemuk terbagi menjadi dua yaitu kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat. Namun pada hari ini kali ini, admin tak akan menterangkan seputar kalimat tersebut. Lantas apa yang akan admin bahas pada hari ini kali ini.

Contoh Kalimat Aktif Transitif dan Intransitif  Bebeginilah Contoh Kalimat Aktif Transitif dan Intransitif

Oke daripada penasaran, kali ini admin akan menjabarkan seputar jenis kalimat berdasarkan polanya. Berdasarkan polanya kalimat dibedakan menjadi dua hal yakni kalimat aktif dan kalimat pasif. Apa pengertian kalimat aktif dan kalimat pasif? Oke sebelum melangkah lebih jauh admin akan menterangkannya terlebih dahulu agar Anda tak bingung. Baca juga: Contoh Kalimat Fakta dan Opini.

Pengertian Kalimat Aktif

Masih ingat dengan apa itu kalimat aktif? Kalimat aktif merupakan kalimat yang subjeknya melakukan pekerjaan. Biasanya kalimat aktif ini letak subjek dan predikatnya bersebelahan. Jadi setelah subjek kata kerja yang dipakai biasanya diawali dengan awalan me- atau ber-. Namun tak menutup kecukupan kata kerja yang dipakai masih kata kerja bentuk dasar.

Contoh Kalimat Aktif

Dibawah ini merupakan contoh kalimat aktif:
  1. Ayah mencuci mobil.
  2. Banu pergi ke kota.
  3. Ibu memasak di dapur.
  4. Ani naik ke puncak gunung pagi ini.
  5. Adi menendang bola dengan kencang.
Itulah pengertian dan contoh kalimat aktif. Anda dapat mempelajari lebih lanjut dengan mengembangkan diri Anda sendiri. Mencoba dengan kemampuan sendiri. Jika sudah mahir, mari kita bahas pengertian dan contoh kalimat pasif.


Pengertian Kalimat Pasif

Kalimat Pasif merupakan kebalikan dari kalimat aktif. Kalimat pasif artinya kalimat yang subjeknya dikenai pekerjaan. Biasanya kata kerja yang dipakai diawali dengan awalan di-.


Contoh Kalimat Pasif

Untuk lebih terang seputar apa itu kalimat pasif maka silahkan baca contohnya dibawah ini.

  1. Mobil dicuci Ayah.
  2. Bola ditendang Adi dengan kencang.
  3. Andri diterima kerja di Perbisnisan Kecap.
  4. Balon ditiup oleh Banu sampai kemudian meletus.
  5. Cinta ditolak dukun bertindak.
Nah itulah perbedaan antara kalimat aktif dan kalimat pasif dalam bahasa. Mengapa admin tak menterangkannya lebih terang lagi? Hal ini sebab fokus admin merupakan jenis kalimat berdasarkan susuannya. Oke kita bahas yuk!!


Jenis-Jenis Kalimat Aktif

Jika dilhat dari objeknya jenis kalimat aktif dibagi menjadi dua saja yaitu kalimat aktif transitif dan intransitif. Lantas apakah kalimat aktif transitif dan intransitif? mari kita bahas satu demi satu.


Contoh Kalimat Aktif Transitif

Kalimat aktif transitif merupakan kalimat aktif yang dikompleksi dengan objek dan keterangan. Jadi polanya bukan hanya S + P saja melainkan menjadi S + P + O atau bahkan SPOK. Dengan begitu kalimat aktif transitif ini sangat mudah dirubah kedalam bentuk kalimat pasif. Contohnya:

  1. Andre menyelesaikan tugas kuliah di teras rumah.
  2. Asfam mengendarai sepeda motor barunya.
  3. Ibu membeli garam dan gula di pasar.
  4. Kakak memberi uang saku 10.000 kepada adek.
  5. Bantar menciptakankan segelas susu untuk ibunya yang sakit.
Jika Anda sudah paham dengan penterangan tersebut mari kita bahas kembali seputar contoh kalimat aktif intransitif.


Contoh Kalimat Aktif Intransitif

Kalimat aktif intransitif merupakan kalimat aktif yang tak dikompleksi dengan objek. Jadi polanya hanya south dan P saja atau SPK saja. Berhubung kalimat aktif intransitif tak mempunyai objek, hampir tak cukup merubahnya dalam bentuk kalimat pasif. Berikut merupakan contoh kalimat aktif intransitif.

  1. Tyas menangis di kamar.
  2. Asmam bertanya kepada Budi.
  3. Samsu belajar giat.
  4. Yonko menyapu sampai bersih.
  5. Agung lagi membaca dengan tekun.
Demikianlah penjebaran dengan terang seputar contoh kalimat aktif transitif dan intransitif dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat. Baca juga: Cara Membuat Puisi.

Baca Juga:   Bagaimana Cara Belajar Mobil Manual? Apakah Sulit?

About adminkoepas

Check Also

Cara Menulis Footnote Dari Berbagai Sumber Ilmiah

Cara Menulis Footnote — Sebuah laporan karya tulis ilmiah kadangkala memerlukan sebuah footnote atau catatan kaki dibagian bawah …